Acara : Siaran Pojok
Parenting Radio PETRA 105,7 FM
Waktu: Jumat, 14
Agutus 2015, Pkl. 09.00-10.00 WIB
Tema: Gaya Belajar
Visual
Narasumber: Esthi,
Tyas
Host: Disa Teresia
Siaran kali ini dimulai dengan
test sederhana untuk menentukan jenis gaya belajar apa yang Sahabat (pendengar)
PETRA FM miliki. Test ini dimaksudkan agar ketika pendengar mengenal gaya
belajar dirinya atau buah hati mereka maka saat pembahasan macam – macam gaya
belajar pendengar dapat lebih mengenal dirinya
dan buah hati.
Setelah selesai test, ada salah
satu pendengar menanyakan bahwa dia memiliki skor yang sama antara Visual dan Kinestetik.
Lalu gaya belajar mana yang sebenarnya saya miliki? Esthi memberi penjelasan
bahwa memang ada seseorang yang memiliki gaya belajar kombinasi seperti visual – kinestetik, Visual – Audio, Audio –
Kinestetik. Kedua pintu itu menjadi cara yang mudah saat seseorang menerima dan
mengingat informasi. Tyas menambah penjelasan bahwa seseorang Visual bisa jadi
karna memang yang dibiasakan demikian sehingga gaya belajar lain yang menjadi
caranya tertutup karena kurang bahkan tidak difasilitasi. Lalu bagaimana dengan
anak – anak yang memang secara tahap perkembangan harus bergerak ,bagaimana
kita tahu itu memang gaya belajarnya? Anak – anak sendiri memiliki gaya belajar
yang bertahap. Anak – anak usia balita biasanya gaya belajar yang berkembang
adalah gaya belajar kinestetik sehingga aktifitas di TK banyak
bermain&bergerak, sementara usia kelas 1 SD – 3 SD kemampuan visual yang
berkembang sehingga pada masa ini paling cocok untuk anak – anak belajar
membaca dan menulis.
Adapun ciri – ciri anak visual
adalah sebagai berikut:
- rapi
& teratur
- bicara
& membaca dg cepat
- perencana
& pengatur jangka panjang yg baik
- teliti
thd detail
- mementingkan
penampilan
- mengingat
apa yang dilihat & dg asosiasi visual
- tidak
mudah terganggu oleh keributan
- senang
mencorat-coret bahkan saat berbicara di telepon atau rapat
- butuh
pandangan & tujuan menyeluruh serta waspada sblm memutuskan sesuatu
- kurang
dapat mengingat dengan baik instruksi verbal, kecuali ditulis
- lebih
suka membaca dari pada dibacakan
Lalu bagaimana cara mendampingi
anak dengan gaya belajar visual agar optimal dalam belajar?
- Memakai
Peta Konsep atau Peta Pembelajaran (mind mapping). Hal ini membantu
memahami ide-ide pokok.
- Ajak
anak untuk membayangkan atau membuat bayangan imajinasi setelah membaca,
mengamati, atau mendengar informasi.
- Membuat
gambar (grafik atau diagram) dari informasi yang diterima.
- Ajak
anak menandai catatan penting dengan menggarisbawahi atau memberi warna
tertentu
- Buatlah
Instruksi,Kesepakatan atau nasihat dalam bentuk Tulisan, gambar atau video
- Sediakan
ruang yang rapi dan teratur
No comments:
Post a Comment